Seberapa Bahaya Penyakit Batu Empedu ?

Untuk anda yang saat ini tengah merasakan nyeri perut yang luar biasa selama beberapa jam bisa jadi itu gejala batu empedu, maka untuk itu segera atasi dan obati agar tidak menimbulkan bahaya batu empedu ? Silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.Seberapa Bahaya Penyakit Batu Empedu ?

Seberapa Bahaya Penyakit Batu Empedu ?Batu Empedu adalah salah satu cairan yang mengeras atau membatu yang terbentuk di dalam kantong empedu.Kantong atau kandung empedu adalah salah satu organ kecil yang berbentuk seperti buah pir yang mana terletak pada perut bagian kanan, tepatnya di bawah hati.

Ternyata, batu empedu diyakini di sebabkan oleh adanya kombinasi faktor termasuk juga faktor keturunan, obesitas dan kemampuan kantong empedu berkontraksi (motilitas).

Kolesterol batu empedu akan terbentuk pada saat jumlah kolesterol banyak sekali pada empedu dan tidak cukup untuk garam empedu.Masalah dengan motilitas seperti ini bisa menyebabkan empedu terlalu terkonsentrasi dan bisa menyebabkan pembentukan batu.

Bahaya Penyakit Batu Empedu

Berikut ini ada beberapa komplikasi atau bahaya penyakit batu empedu jika tidak segera melakukan tindakan penanganan dan pengobatan dengan cepat diantaranya :

  • Obstruksi saluran empedu
  • Akibat peradangan pada prankreas (pankreastitis)
  • Penyakit kuning
  • Akibat peradangan atau infeksi pada kandung empedu
  • Adanya kanker
  • Terjadinya penyumbatan pada saluran empedu
  • Adanya penyumbatan pada saluran prankreas

Selain itu, batu empedu juga bisa menimbulkan beberapa komplikasi lainnya berupa :

  • Terdapat lubang di kantong batu empedu (perforasi)
  • Infeksi dengan nanah mengisi kantong empedu (empiena)
  • Koneksi abnormal (fistula) antara kandung empedu dan usus kecil
  • Sebuah batu empedu besar yang menghalangi usus kecil (ileus batu empedu)

Sebenarnya penderita batu empedu harus melakukan diet sehat.Menurut National Institutem of Diabetes dan Pencernaan serta Penyakit ginjal, NIDDK bahwa obat yang sangta penting untuk penderita batu empedu adalah melakukan diet rendah lemak, karena jika mengkonsumsi lemak bisa menyebabkan peningkatan produksi batu empedu dan akan menimbulkan berbagai gejala.

Donna D.Ignativicius, MS Rn, dan M Linda Workman, PhD penulis “Medical-Surgical NUrsing : Berpikir kritis untuk Collaborative Care”Menekankan bahwa pentingnya mengkonsumsi protein yang sukup versama dengan kaptuhan terhadap melajkukan diet rendah lemak, karena dengan melakukan hal tersebut bisa mencegah terjadinya batu empedu.

Simak Juga : Obat Batu Empedu Alami

Semoga apa yang kami informasikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda.Terimakasih atas kunjungannya !

post by : Obat Tradisional Kencing Manis

Leave a Reply